Jumat, 12 Juli 2013

Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan Sambil Menjalankan Diet Sehat

Di Bulan yang suci ini, tentunya semua ingin menjalankan ibadah Puasa dengan lancar, mulai dari beramal, sholat, puasa penuh, dsb. Termasuk bila Anda yang sedang ingin diet, Anda jangan takut sakit/lemas/lapar saat puasa. Justru Anda harus memanfaatkan moment ini untuk menunjang kesehatan Anda! Banyak manfaat yang bisa Anda dapat dengan diet sambil berpuasa loh..
Nih..contohnya, Anda berpuasa hampir 12 jam, tubuh akan mengambil cadangan lemak untuk menjadi energi. Anda bisa turun berat badan 0,5-3 kilogram. Wah..apalagi jika Anda menjalankan diet! Tapi Anda perlu strategi yang baik untuk diet sambil berpuasa agar tidak sembarangan.
Kita mau kasih tips nih buat kalian yang ingin diet sambil puasa.. Semoga bermanfaat.
1. Tetap Sahur
Upayakan menyantap sahur mendekati waktu imsak sehingga energi yang tersimpan menjadi lebih awet. Pilihlah menu sahur dengan karbohidrat yang kompleks sebagai makanan pokok. Pilihlah nasi merah dibanding nasi putih, roti gandum dibanding roti tawar, ubi dan singkong dibanding kue, dsb. Memilih karbohidrat kompleks akan sangat membantu tubuh dalam beberapa hal:
- Membuat gula darah stabil, sehingga tenaga dan mood terjaga sepanjang hari. Peningkatan gula darah yang perlahan dan penurunan yang perlahan, akan membuat tubuh dapah dapat optimal.
- Karbohidrat kompleks mengandung serat sehingga membantu proses yang memang sedang dikerjakan selama bulan puasa.
2. Pilihlah jenis makanan yang lembut untuk berbuka.
Awali menu berbuka dengan makanan yang lembut dahulu, jangan memakan makanan yang keras di awal. Ingat, saat berbuka organ pencernaan belum stabil. Hindari konsumsi makanan pedas, minuman soda, dan makanan berat pada awal. Minuman bersoda dapat membuat perut terasa begah dan memicu gangguan pencernaan. Selain itu, makan makanan berat beresiko membuat pencernaan bekerja terlalu berat. Minum sesuatu yang manis atau makan makanan ringan dan tidak mengandung es akan lebih baik didahulukan saat berbuka, seperti air kelapa, jus semangka, jus melon. Barulah setangah jam kemudian makan besar.
Ingat, jangan tunda makan makanan berat mendekati waktu tidur karena akan menumpuk sisa kalori yang diasup. Dalam jeda waktu antara berbuka dan sahur, Anda dapat mempersiapkan menu kundapan yang sehat seperti jus dan buah.
3. Tetap berolahraga.
Olahraga ringan seperti jalan atau bersepeda statis dapat tetap dilakukan di bulan puasa. Namun jangan berolahraga setelah sahur, sebaiknya dilakukan sebelum berbuka puasa. Ini akan menjaga tubuh tetap bugar dan aliran darah tetap terjaga.
4. Konsumsi sumber Protein yang rendah lemak.
Dengan menkonsumsi makanan yang berprotein serta rendah lemak akan membantu Anda untuk memberi rasa kenyang yang lebih lama. Namun makanan sumber protein usahakan jangan digoreng.

Lalu bagaimana Anda mampu mencukupi gizi dan karbohidrat kompleks selagi diet? Nah.. kami juga akan memberi saran kepada Anda menu-menu puasa baik bagi Anda yang sedang diet, stabil, atau naik berat badan.

INGIN TAHU LEBIH LANJUT?

HUBUNGI:
0838-9177-9766 - NOVI
0838-9177-9767 - CHARLES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...